Plus Minus Investasi Apartemen


Macet,macet lagi apalagi dikota-kota besar terutamanya diJakarta, kemacetan dan gaya hidup modern belakangan ini membuat penjualan apartemen semakin bertambah. Biasanya, orang membeli apartemen supaya bisa tinggal dekat dari tempat beraktivitas, seperti kantor atau kampus.
Dibawah ini plus minus investasi apartemen yang dikutip dari berbagai sumber di internet.

Plusnya,
1. permintaan (demand) tinggi, terutama di area bisnis, kawasan pemukiman ekspatriat, dan lingkungan kampus. Kawasan pemukiman ekspatriat di Jakarta misalnya kawasan Kemang.
2. jangka waktu sewa menengah (2-3 tahun). Apartemen atau kondominium biasanya disewa untuk mendekatkan penyewa dengan lokasi kegiatannya, terutama lokasi kantor. Dengan demikian, jangka waktu sewanya rata-rata sekitar 2-3 tahun.
3. risiko kekosongan rendah. Artinya, jika lokasi tersebut sudah nyaman sebagai tempat tinggal, biasanya penyewa akan terus menempati apartemen tersebut. Di lain pihak, calon penyewa pun berdatangan mencari unit-unit yang kosong untuk disewa. Salah satu faktor rendahnya risiko kekosongan apartemen adalah mulai terbiasanya masyarakat kita dengan budaya tinggal di hunian vertikal.
4. capital rate tinggi (7-10 persen). Dengan risiko kekosongan unit yang rendah, maka pendapatan yang datang dari sewa unit pun otomatis menjadi lancar. Hal ini tentu saja membuat Cap Rate tinggi, lebih tinggi dari rumah sewa atau rumah toko dan rumah kantor.

Minusnya, 
1. pemilik harus jeli memilih lokasi apartemen atau kondominium yang prospektif. Belakangan, banyak pengembang yang membangun apartemen jauh dari pusat kota atau pusat keramaian. Kawasan seperti ini umumnya tidak layak dijadikan lokasi apartemen, dan tentu saja tidak prospektif sebagai investasi.
2. pemilik harus memilih manajemen gedung yang baik. Banyak apartemen di kawasan prospektif CBD yang sepi penyewa sebab dikelola manajemen gedung yang kurang baik.

Manajemen gedung yang baik selalu memperhatikan faktor kenyamanan penghuni. Mereka juga memperhatikan perbaikan fasilitas umum, seperti kolam renang, lift, dan sebagainya.